Kamis, 22 Desember 2011

Masa Muda, Bukan Masanya Menunda-nunda




Masa muda, penuh karya untukmu Tuhan
Yang aku persembahkan sebagai insan beriman … [Edcoustic, Masa Muda]

Hai sobat DREAMS yang semangat mudanya semakin menggelora. Tahukah kamu, Hasan Al Bashri pernah berkata, ”Jauhilah olehmu menunda-nunda karena engkau bersama hari ini bukan hari esok. Apabila engkau berada pada hari ini, jadikanlah hari esokmu seperti keadaanmu hari ini. Dan, jika engkau memiliki lagi hari esok, maka engkau pun tidak akan menyesali kelalaianmu di hari ini.”
Sobat DREAMS, ternyata akar masalah dari menunda-nunda itu adalah kemalasan yang hinggap pada diri kita tanpa mengenal waktu. Kemalasan yang hinggap di sudut hati dan pikiran kita, mengeluarkan racun yang menurunkan daya kerja, melumpuhkan syaraf kesadaran dan sel-sel aktif untuk dihipnosis menjadi sel-sel pasif. Kemalasan memulaskan kita dalam mimpi indah, dalam kenyamanan, namun berujung penyesalan .
Sobat DREAMS, untuk menanggulangi rasa malas itu, mari kita belajar pada Siti Hajar bahwa makna kerja keras adalah menunjukkan kesungguhan kita kepada Allah. Bahwa Allah tak pernah menyia-nyiakan iman dan amal kita. Bahwa Allah akan memberikan keajaiban yang datang dari jalan yang tak kita duga. Mulailah untuk beraksi dan mengubur dalam-dalam semua kemalasan yang hinggap pada diri kita.
Mulailah. Beranilah. Karena dalam keberanian untuk memulai itulah terletak kemudahannya. Bukan soal punya dan tak punya. Mampu atau tak mampu. Miskin atau kaya. Kita bekerja, kita beramal, karena bekerja dan beramal adalah bentuk kesyukuran yang terindah .

“Bekerjalah kalian, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat amal-amal kalian itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.”
[Q.S. At Taubah : 9]

(santi, dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar